Senin, 12 November 2012

3 Software SIA Serta Perbedaan Dan Fungsinya


1. MYOB
MYOB (Mind Your Own Business) adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan di negara-negara lain seperti Amerika, Kanada, Selandia Baru dan lainnya. Hingga kini telah diterbitkan MYOB Accounting, MYOB Premier, dan MYOB Basic Business, MYOB Accounting Plus dan MYOB Just Invoice dengan berbagai versi. Beberapa kelebihan & kekurangan MYOB dibandingkan dengan software akuntansi lain :
                              
A. Kelebihan
• User Friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
• Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
• Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
• Kemampuan trash back semua laporanke semua dokumendan sumber transaksi.
• Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
• Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.

B. Kekurangan
• Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relative sulit dipenuhi oleh MYOB.
• MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
• Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
• Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
• MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB. Fitur yang disediakan oleh MYOB.  MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket.

Beberapa modul (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Center sebagai berikut :
 Accounts
Menyediakan fitur Account List, Record Journal Entry.
Banking
Menyediakan fitur Spend Money, Receive Money, Bank Register, Reconcile Account,
Prepare Bank Deposit, Print Cheque.
 Sales
Menyediakan fitur Sales Register, Enter Sales, Receive Payment, Print Invoice.
Time Billing
Menyediakan fitur Activities List, Enter Activity Slip, Prepare Time Billing Invoice,
Activity Log.
Purchases
Menyediakan fitur Purchases Register, Enter Purchases, Print Purchase Order.
Inventory
Menyediakan fitur Item Register, Item List, Set Item Prices, Count Inventory,
Adjust Inventory, Transfer Inventory, Auto Build Inventory.
Card File
Menyediakan fitur Card List seperti Customer, Supplier, Employee, Personal.

2. ACCURATE ACCOUNTING
Accurate adalah software akuntansi yang user friendly, yang memudahkan anda dalam menyusun laporan keuangan, laporan laba/rugi dan masih banyak lagi. Laporan Accurate sendiri telah mengcover lebih dari 250 jenis laporan keuangan, mulai dari:
1. Inventory
2. Penjualan
3. Pembelian
4. Kas/Bank
5. dan Aktiva

Modul-Modul Accurate sendiri terdiri atas :
• Buku Besar
• Kas & Bank
• Persediaan Barang
• Penjualan
• Pembelian
• Aktiva Tetap

Accurate Software terdiri ada 3 jenis software :
1. Accurate Standard Edition
2. Accurate Deluxe Edition
3. Accurate Enterprise (untuk publikasi)

Keistimewaan ACCURATE antara lain :
HANDAL
Menggunakan database server Firebird, database berbasis SQL dari kelas client/
server, ACCURATE mampu melayani sampai ratusan user sekaligus tanpa penurunan performance yang berarti. Selain itu database-nya sangat kuat sehingga tidak akan rusak sekalipun listrik untuk server mati mendadak.
SECURE / AMAN
Menggunakan metode pengamanan yang berlapis dan ter-enkripsi, database ACCURATE hanya bisa diakses oleh personel yang diberi hak sesuai dengan batasan yang diperbolehkan. Selain itu
folder tempat file data ACCURATE tidak perlu di-share sehingga tidak mungkin
data ACCURATE di-copy oleh yang tidak berhak.

Keunggulan-keunggulan ACCURATE:
1. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi (user Friendly).
2. Support yang selalu siap membantu anda dalam penerapan transaksi yang sesungguhnya.
3. Biaya yang terjangkau tanpa perlu adanya tambahan biaya maintenance baik bulanan ataupun tahunan.
4. Client server technology dengan kemampuan rollback.
5. Transaksi real time, tidak perlu proses posting.
6. Modul lengkap untuk perusahaan dagang / jasa / kontraktor
7. Bilingual software ( Inggris dan Indonesia).
8. Mencatat hingga 920 triliun.
9. Laporan dapat di view langsung dengan microsoft excel.
10. Fasilitas untuk Proses Export & Import data.
11. Laporan, faktur yang dapat di customize oleh user.
12. Jejak audit.
13. Multi user.
14. Multi level GL Account dan item.
15. Multi Company.
16. Multi Gudang.
17. Multi Pajak Penjualan.
18. Multi Currency dengan kurs komersil
dan kurs pajak.
19. Multi level Discount.
20. Multi unit dengan 3 level unit.
21. Metode persediaan dengan FIFO dan Average.
22. Tax Report dari PPN IN dan OUT sampai SPT Tahunan Form 1771 secara Otomatis.

3.Krishand General Ledger Fiskal

Komersial Krishand General Ledger merupakan software akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi jurnal dan menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll. Salah satu kelebihan dari software Krishand GL adalah gabungan dari pencatatan jurnal komersial dan fiskal sekaligus di dalam satu program, dimana hal ini bisa memudahkan Anda dalam mempersiapkan jurnal koreksi untuk keperluan laporan keuangan fiskal pada akhir tahun.

Fitur-fitur standar Krishand GL Fiskal/Komersial :
·         Berbasis Windows.
·         Multi user.
·         Mencatat transaksi jurnal baik fiskal maupun komersial.
·         No. Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
·         Menyediakan fungsi untuk mengatur ulang no. bukti jurnal.
·         Dapat menginput jurnal untuk beberapa periode sekaligus tanpa harus menutup periode yang sedang berjalan.
·         Menyediakan fungsi penomoran bukti jurnal secara otomatis.
·         Buku Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
·         Nilai debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
·         Menghasilkan laporan keuangan fiskal dan komersial.
·         Menyediakan laporan keuangan komparatif antara fiskal dan komersial.
·         Dapat mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
·         Melakukan perhitungan saldo buku besar secara akurat.
·         Sederhana dan mudah digunakan.
   
Ref:
gorila151206.blogspot.com/2010/12/perbedaan-software-akuntansi-myob.html?m=1

Sabtu, 03 November 2012

Pembuatan Model Data dan Desain Data Base


I. DATA BASE

Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.

Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna. Banyak sekali kegiatan manusia yang menggunakan komputer sebagai sarana pengolahan data, sehingga diperlukan suatu perangkat lunak database. Jika dikaji lebih mendasar tentang batasan suatu database, maka dapat disebutkan bahwa segala bentuk koleksi data adalah suatu database. Mulai dari kelompok data pegawai, sampai dengan kelompok file, merupakan database.

II. PROSES DESIAN DATA BASE

Analisis Persyaratan
Fase pertama dalam proses pendesian database adalah menganalisa persyaratan.
Desain Data Base Konseptual
Mendesain database secara konseptual, teoritis. Semua Informasi berhasil dikumpulkan pada proses pertama, tahap analisi persyaratan, akan sangat berguna pada fase ini.
Desain Data Base Logika
Tahap selanjutnya adalah mengubah database konsep pada fase kedua menjadi desain data base logika.
Perbaikan Skema
Evaluasi langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya.
Desain data base fisik
Langkah kelima dalam proses mendesain database adalah secara fisik, artinya, semua analisis, konsep, teori dan dsain yang dilakukan sebelumnya diimplementasikan ke dalaman data base yang sesungguhnya.
Desain Aplikasi dan Keamanan
Semua proyek pengembangan perangkat lunak yang melibatkan sebuah DBMS harus mempertimbangan aspek aplikasi yang berada di luar data base seperti: enkripsi, digital signature, dan lain-lain.

III. PENGERTIAN ENTITAS, FIELD, RECORD, & ERD
SERTA MODEL DATA REA

ENTITAS
Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarka komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.

FIELD
Field (medan) menyatakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom item, dan atribut. Contoh field yaitu nama seseorang, jumlah barang yang dibeli, dan tanggal lahir seseorang.

RECORD
Record (rekaman) menyatakan kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait. Sebagai
contoh, nama, alamat, tanggal lahir, dan jenis kelamin dari seseorang menyusun sebuah record. Istilah lain yang juga menyatakan record yaitu tupel dan baris.

ERD
ERD (Entity Relationship Diagram) adalah gambaran mengenai berelasinya antar entitas. Sistem adalah kumpulan dari elemen yang setiap elemen memiliki fungsi masing-masing dan secara bersama-sama mencapai tujuan dari sistem tersebut. Kebersama-samaan dari sistem di atas dilambangkan dengan saling berelasinya antara satu entitas dengan entitas lainnya Entitas (entity/ entity set), memiliki banyak istilah di dalam ilmu komputer, seperti table (table), berkas (data file), penyimpan data (data store), dan sebagainya

MODEL DARA REA
Model data REA mengklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu :
1.sumber daya yang didapat dan dipergunakan organisasi (Resource)
Contoh : kas dan persediaan, perlengkapan, gudang pabrik dsb
2. Kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan organisasi (Event)
Contoh : sales events, taking customer orders
3. Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut (agent)
Contoh : pegawai (staf penjualan dan kasir), pelanggan


IV. Langkah-langkah Membangun ERD & REA

ERD
1.      Mengidentifikasikan dan menetapkan seluruh himpunan entitas yang akan terlibat.
2.      Menentukan atribut-atribut key dari masing-masing himpunan entitas.
3.      Mengidentifikasikan dan menetapkan seluruh himpunan relasi diantara himpunan entitas yang ada beserta foreign key-nya.
4.      Menentukan derajat dan cardinality rasio relasi untuk setiap himpunan relasi
5.      Melengkapi himpunan relasi dengan atribut-atribut yang bukan kunci (non-key).

REA
1.      Identifikasi pasangan kegiatan pertukaran ekonomi yang mewakili hubungan kualitas dasar  memberi- untuk-menerima, dalam siklus tersebut.
2.      Identifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh setiap kegiatan pertukaran ekonomi dan para pelaku yang terlibat dalm kegiatan tersebut.
3.      Analisis setiap kegiatan pertukaran ekonomi utnuk menetapkan apakah kegiatan tersebut harus dipecah menjadi suatu kombinasi dari satu atau lebih kegiatan komitmen dan kegiatan petukaran ekonomi.
4.      Tetapkan kardinalitas setiap hubungan.