Jumat, 25 April 2014

Biodata

Hai perkenalkan nama saya Amalia Fizlah, nama panggilan saya Amal kalau di kalangan teman-teman saya tapi kalau dirumah saya di panggil mba lia. Saya lahir di Medan, 29 Mei 1992 zodiak saya gemini dan golongan darah saya B. Saya anak ke 2 dari 4 bersaudara, saya mempunyai satu kakak laki-laki, satu adik perempuan, dan satu adik laki-laki. Saya besar di dikota depok walau lahir dikota medan. Saya suka hewan peliharaan dan saya sangat suka hal tentang korea. Saya punya beberapa hewan peliharaan ada uler, monyet, kucing, tupai, burung hantu, dan hamster tapi sebagian dari hewan peliharaan saya sudah mati hhe sekarang tinggal monyet dan uler. Sekilas tentang monyet saya namanya Mila, dia sudah saya pelihara selama setahun lebih dari unur dia 2 bulan. Tentang korea saya suka hal tentang korea semenjak kelas 3 SMP karena waktu itu drama korea lagi buming atau populer, suka Kpop dari SMA dan waktu itu saya suka sekali dengan boyband korea Shinee tapi makin kesini makin banyak boyband korea yang keren-keren jadi saya punya banyak idola ada Infinite BAP BTS dan ada band korea yang saya suka namanya CNblue buat penyanyi solo nya saya suka IU Ailee dan K.will, kalau girlband korea saya suka Sistar dan Kara, pasti yang bukan kpop pasti bingung baca ini. Tentang hobi saya, saya suka sekali berenang sebenarnya saya juga suka traveling tapi terbentur dengan susahnya dapet izin orang tua buat traveling jadi hobi saya ini kurang tersalurkan, saya juga hobi masak tadinya sih masak ini bukan hobi tapi karena dirumah saya biasa masak jadi masak ini jadi hobi saya. Saya selain itu saya juga punya hobi seperti wanita lainnya yaitu bergosip, main sosial media, dan karokean bareng teman-teman. Hal yang saya sangat suka adalah berkumpul dengan keluarga, teman dan sahabat-sahabat saya dan saya sangat suka download video kpop. Saya sangat suka nonton kartun dan film kartun, kartun yang saya suka Spongebob dan anime CardCaptor sakura untuk film kartun saya sangat suka film kartun Despicable me dan Frozen saya sangat suka dengan karakter kartun yang polos dan lucu. Hal yang tidak saya suka, saya tidak suka dengan asap karena itu membuat saya batuk dan merusak polusi, saya juga tidak suka lihat orang yang tidak mau menjaga kebersihan disekitarnya. Saya berharap banyak orang yang peduli dengan lingkungan.
Sekian cerita tentang diri saya, lebih kurang nya mohon maaf.

Pidato Pemanasan Global

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera, dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa yang mengumpulkan kita semua di tempat ini. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat saya yang bertemakan “Pemanasan Global”.
Kita semua tentu pernah mendengar kata pemanasan global  atau global warming yang sudah tidak asing lagi dibahas diberbagai media. Pemanasan Global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Seperti yang kita ketahui suhu bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18˚C ( 1.33 ± 0.32˚F ).
Pemanasan Global disebabkan oleh beberapa hal antara lain efek rumah kaca dan efek umpan balik. Efek rumah kaca terjadi karena gas-gas rumah kaca yang berupa uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana. Selain itu pemamasan Global juga disebabkan oleh efek umpan balik yang disebabkan bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO₂, umpan balik yang penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh es, ketika suhu meningkat es yang berada di dekat kutub akan mencair, hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan semakin banyak es yang mencair sehingga menjadi suatu siklus yang berkelanjutan. Setelah kita mengetahui penyebab dari terjadinya Pemansan Global hendaknya kita juga mengetahui dampak yang diakibatkan dari terjadinya Pemanasan Global. Dampak yang diakibatkan dari terjadinya Pemanasan Global yaitu iklim mulai tidak stabil, peningkatan permukaan air laut, suhu cenderung meningkat, dan gangguan ekologis. Sedikit membahasan tentang gangguan ekologis, dalam hal ini hewan akan cenderung untuk berimigrasi ke arah kutub atau pegunungan dan tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, ini disebabkan karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat, akan tetapi pembangunan manusia menghalangi perpindahan ini, dan spesies yang terhalang berimigrasi mungkin akan mati.
Setelah kita mengetahui penyebab dan dampak terjadinya Pemanasan Global, kita jadi mengetahui berbahayanya Pemanasan Global bagi semua makhluk di bumi. Mungkin kita tidak bisa menghentikannya secara langsung tetapi ada beberapa cara untuk memperlambat terjadinya Pemanasan Global antara lain yang pertama dengan mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut di tempat lain yang disebut Carbon Sequestration, kedua mengurangi karbon dioksida dengan cara yang paling mudah yaitu dengan menanam pohon karena pohon dapat menyerap karbon dioksida dan memecahnya melalui fotosintesis, ketiga gas rumah kaca dapat di hilangkan dengan cara menyuntikkan gas tersebut ke sumur-sumur minyak untuk mendorong agar minyak bumi keluar kepermukaan, keempat dengan cara mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan yang terakhir adalah mengurangi pemakaian barang-barang elektronik yang mengeluarkan gas CFC ( Chloro Fluoro Carbons ) seperti AC dan kulkas karena gas ini meningkatkan kadar penipisan ozon.
Mungkin cukup yang dapat saya sampaikan lebih dan kurangnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan selebihnya datang dari Allah. Saya hanya berharap setelah mendengar pidato saya, anda sekalian lebih menjaga bumi tempat kita tinggal agar tetap nyaman dan aman, yang dapat kita mulai dari hal-hal sederhana yang berada di sekiar anda.
Sekian dari saya.
Wassalamualaikum wr.wb




Kamis, 03 April 2014

ILMU BUDAYA DASAR




KATA PENGANTAR
Puji syukur saya penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Ilmu Budaya Dasar. Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah IBD di Universitas Gunadarma Depok.

Dalam Penulisan makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki. Untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.

Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen saya yang telah memberikan tugas dan petunjuk kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini.


PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang

Manusia dalam kesehariannya tidak akan lepas dari kebudayaan, karena manusia adalah pencipta dan pengguna kebudayaan itu sendiri. Manusia hidup karena adanya kebudayaan, sementara itu kebudayaan akan terus hidup dan berkembang manakala manusia mau melestarikan kebudayaan dan bukan merusaknya. Dengan demikian manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena dalam kehidupannya tidak mungkin tidak berurusan dengan hasil-hasil kebudayaan, setiap hari manusia melihat dan menggunakan kebudayaan, bahkan kadang kala disadari atau tidak manusia merusak kebudayaan.

Hubungan yang erat antara manusia (terutama masyarakat) dan kebudayaan telah lebih jauh diungkapkan oleh Melville J. Herkovits dan bronislaw Malinowski, yang mengemukakan bahwa cultural determinism berarti segala sesuatu yang terdapat didalam masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu. (Soemardjan, Selo: 1964: 115). Kemudian Herkovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang superorganic. Karena kebudayaan berturun temurun dari generasi ke generasi tetap hidup. Walaupun manusia yang menjadi anggota masyarakat sudah berganti karena kelahiran dan kematian.

Lebih jauh dapat dilihat dari definisi yang dikemukakan oleh E. B. Tylor (1871) dalam bukunya Primitive Culture: kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Dengan lain perkataan, kebudayaan mencakup kesemuanya yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku normative. Oleh karena itu, manusia yang mempelajari kebudayaan dari masyarakat, bisa membangun kebudayaan (konstruktif) dan bisa juga merusaknya (destruktif).

PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN DAN WUJUD KEBUDAYAAN

1.      Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari kata budaya sedangkan budaya adalah bentuk jamak dari kata budi-daya yang berarti cinta, karsa, dan rasa. Kata budaya sebenarnya berasal dari bahasa snsekerta buddayah yaitu bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal.dalam bahasa inggris kata budaya berasal dari kata culture, dalam bahasa Belanda diistilahkan dengan kata Cultuur, dalam bahasa latin, berasal dari kata corela.

2.      Perwujudan Kebudayaan
Koentjaraningrat mengemukakan bahwa kebudayaan itu dibagi atau digolongkan kedalam tiga wujud yaitu:
a.       Wujud sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan nilai-nilai norma-norma dan peraturan
b.      Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat.
c.       Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
Berdasarkan penggolongan wujud budaya tersebut, maka kebudayaan dapat dikelompokan menjadi dua:1. Budaya yang bersifat abstrak dan 2. Budaya yang bersifat kongkrit.

B.     Budaya Sumatera Barat
Budaya Minangkabau adalah kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau dan berkembang di seluruh kawasan berikut daerah perantauan Minangkabau. Budaya ini merupakan salah satu dari dua kebudayaan besar di Nusantara yang sangat menonjol dan berpengaruh. Budaya ini memiliki sifat egaliter, demokratis, dan sintetik, yang menjadi anti-tesis bagi kebudayaan besar lainnya, yakni budaya Jawa yang bersifat feodal dan sinkretik.

1.      Sejarah
Berdasarkan historis, budaya Minangkabau berasal dari Luhak Nan Tigo, yang kemudian menyebar ke wilayah rantau di sisi barat, timur, utara dan selatan dari Luhak Nan Tigo.[2] Saat ini wilayah budaya Minangkabau meliputi Sumatera Barat, bagian barat Riau (Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu), pesisir barat Sumatera Utara (Natal, Sorkam, Sibolga, dan Barus), bagian barat Jambi (Kerinci, Bungo), bagian utara Bengkulu (Mukomuko), bagian barat daya Aceh (Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Kabupaten Aceh Tenggara), hingga Negeri Sembilan di Malaysia.
Budaya Minangkabau pada mulanya bercorakkan budaya animisme dan Hindu-Budha. Kemudian sejak kedatangan para reformis Islam dari Timur Tengah pada akhir abad ke-18, adat dan budaya Minangkabau yang tidak sesuai dengan hukum Islam dihapuskan. Para ulama yang dipelopori oleh Haji Piobang, Haji Miskin, dan Haji Sumanik, mendesak Kaum Adat untuk mengubah pandangan budaya Minang yang sebelumnya banyak berkiblat kepada budaya animisme dan Hindu-Budha, untuk berkiblat kepada syariat Islam. Budaya menyabung ayam, mengadu kerbau, berjudi, minum tuak, diharamkan dalam pesta-pesta adat masyarakat Minang.
Reformasi budaya di Minangkabau terjadi setelah Perang Padri yang berakhir pada tahun 1837. Hal ini ditandai dengan adanya perjanjian di Bukit Marapalam antara alim ulama, tokoh adat, dan cadiak pandai (cerdik pandai). Mereka bersepakat untuk mendasarkan adat budaya Minang pada syariat Islam. Kesepakatan tersebut tertuang dalam adagium Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Syarak mangato adat mamakai. (Adat bersendikan kepada syariat, syariat bersendikan kepada Al-Quran). Sejak reformasi budaya dipertengahan abad ke-19, pola pendidikan dan pengembangan manusia di Minangkabau berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Sehingga sejak itu, setiap kampung atau jorong di Minangkabau memiliki masjid, selain surau yang ada di tiap-tiap lingkungan keluarga. Pemuda Minangkabau yang beranjak dewasa, diwajibkan untuk tidur di surau. Di surau, selain belajar mengaji, mereka juga ditempa latihan fisik berupa ilmu bela diri pencak silat.
2.      Seni
a.      Arsitektur
Masjid Raya Sumatera Barat yang desainnya mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau Arsitektur Minangkabau merupakan bagian dari seni arsitektur khas Nusantara, yang wilayahnya merupakan kawasan rawan gempa. Sehingga banyak rumah-rumah tradisionalnya yang berbentuk panggung, menggunakan kayu dan pasak, serta tiang penyangga yang diletakkan di atas batu tertanam. Namun ada beberapa kekhasan arsitektur Minangkabau yang tak dapat dijumpai di wilayah lain, seperti atap bergonjong. Model ini digunakan sebagai bentuk atap rumah, balai pertemuan, dan kini juga digunakan sebagai bentuk atap kantor-kantor di seluruh Sumatera Barat. Di luar Sumatera Barat, atap bergonjong juga terdapat pada kantor perwakilan Pemda Sumatera Barat di Jakarta, serta pada salah satu bangunan di halaman Istana Seri Menanti, Negeri Sembilan. Bentuk gonjong diyakini berasal dari bentuk tanduk kerbau, yang sekaligus merupakan ciri khas etnik Minangkabau.
b.      Masakan
Memasak makanan yang lezat merupakan salah satu budaya dan kebiasaan masyarakat Minangkabau. Hal ini dikarenakan seringnya penyelenggaraan pesta adat, yang mengharuskan penyajian makanan yang nikmat. Masakan Minangkabau tidak hanya disajikan untuk masyarakat Minangkabau saja, namun juga telah dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh Nusantara. Orang-orang Minang biasa menjual makanan khas mereka seperti rendang, asam pedas, soto padang, sate padang, dan dendeng balado di rumah makan yang biasa dikenal dengan Restoran Padang. Restoran Padang tidak hanya tersebar di seluruh Indonesia, namun juga banyak terdapat di Malaysia, Singapura, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Rendang salah satu masakan khas Minangkabau, telah dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia.
Masakan Minangkabau merupakan masakan yang kaya akan variasi bumbu. Oleh karenanya banyak dimasak menggunakan rempah-rempah seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Kelapa merupakan salah satu unsur pembentuk cita rasa masakan Minang. Bahan utama masakan Minang antara lain daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, dan belut. Orang Minangkabau hanya menyajikan makanan-makanan yang halal, sehingga mereka menghindari alkohol dan lemak babi. Selain itu masakan Minangkabau juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia untuk pewarna, pengawet, dan penyedap rasa. Teknik memasaknya yang agak rumit serta memerlukan waktu cukup lama, menjadikannya sebagai makanan yang nikmat dan tahan lama.

DAFTAR PUSTAKA