Kamis, 10 Juli 2014

Posttest: Susunan Staff_PPSI

Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek.
Jawab:


  • Project Manager
    • Melakukan koordinasi kedalam (team proyek, manajemen, dll) dan keluar
    • Dibantu semua koordinator menyiapkan rencana kerja operasi proyek, meliputi aspek teknis, waktu, administrasi dan keuangan proyek
    • Melaksanakan dan mengontrol operasional proyek sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana (on track)
    • Mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara dini.
    • Mengkomunikasikan dalam bentuk lisan dan tertulis (Laporan Kemajuan Pekerjaan).

  • Quality Control + Tenaga Administrasi
    • Memastikan operasional proyek berjalan dengan menggunakan standar yang sudah baku, serta diakui secara nasional maupun internasional.
    • Memberikan saran dan masukan teknis dan non teknis tentang proses operasional proyek.
    • Mengontrol proses operasional proyek agar berjalan sesuai degnan aturan dan tidak melanggar rambu-rambu yang sudah disepakati.
    • Menyiapkan / men-support dokumen administrasi dan pendukung berupa : Berita Acara layak pakai, Berita Acara Penerimaan Barang, Surat Pengiriman Barang / DO, Berita Acara Installasi, Invoice/tagihan, dll) yang menyangkut operasional proyek selama pekerjaan berjalan.
    • Melakukan monitoring terhadap kemajuan proyek.
    • Melakukan proses penagihan.
    • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
    • Membantu Proyek Manager dan para Koordinator dalam menyiapkan perangkat monitoring pekerjaan, pelaporan, Berita Acara dan lain lain.
  • Ahli Sistem Informasi
    • Melakukan proses Analisa Terhadap Kondisi System yang sdang dan telah berjalan.
    • Melakukan analisa terhadap prosedur-prosedur yang berlaku dalam sebuah system life cycle
    • Melakukan proses identifikasi terhadap kebutuhan user (user requirements)
    • Melakukan Proses Design untuk membentuk suatu Sistem yang baru
    • Berkoordinasi dengan ahli database dalam merancang Database.
    • Membuat laporan Analisa dan rancang bangun system.
    • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
  • Ahli Jaringan Komputer
    • Melakukan proses identifikasi terhadap kondisi eksisting jaringan.
    • Membuat design infrastruktur jaringan.
    • Membuat dokumentasi infrastruktur jaringan.
    • Membuat design rules untuk setiap user yang tergabung dalam network.
    • Memastikan setting yang benar terhadap switch, wireless, workstation, server, dll. 
  • Ahli Management Database
    • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses analisa terhadap kondisi existing dari system yang sedang / telah berjalan.
    • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses design database.
    • Melakukan perhitungan terhadap jumlah table space, congestion, dll dari database yang di rancang.
    • Menyiapkan proses backup dan recovey database.
    • Melakukan installasi database pada server yang telah disediakan.
    • Membuat dokumentasi database design.
    • Melakukan pemetaan terhadap distribusi database pada infrastruktur jaringan komunikasi data.
  • Ahli Sistem Keamanan Jaringan Komputer
    • Melakukan proses design jaringan.
    • Membuat rancang bangun system keamanan jaringan.
    • Memastikan bahwa jaringan yang dikembangkan aman dari serangan para hacker, virus, worm, dll. 
  • Konsultan IT
    • Melakukan koordinasi dengan semua komponen yang terlibat dalam pekerjaan.
    • Memastikan pekerjaan dilaksanakan ontime dan ontrack
    • Memberikan masukan teknis untuk memperlancar pekerjaan
  • Programmer
    • Melakukan koordinasi dengan System Analyst dan Database Administrator
    • Melakukan pekerjaan “scripting” berdasarkan modul-modul yang telah di design oleh system analyst.
    • Melakukan debugging terhadap modul-modul yang telah dibuat.
    • Melakukan proses testing permodul.
    • Melakukan proses testing secara kesuluruhan.
    • Membuat dokumentasi program
  • IT Auditor
    • Merencanakan Audit
    • Mengidentifikasikan resiko dan kendali
    • Mengevaluasi kendali dan mengumpulkan bukti-bukti
    • Mendokumentasikan temuan-temuan dan mendiskusikan dengan auditee
    • Membuat laporan akhir dan Mempresentasikan hasil-hasil yang diperoleh
 

Pretest: Susunan Staf_Pengelolan Proyek Sistem Informasi

Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memilih anggota tim proyek? Jelaskan.
Jawab:
  • pemahaman mengenai organisasi dan masalah bisnis itu sendiri.
  • pemahaman mengenai manajemen secara umum yang meliputi: pemasaran, pengendalian, pembelian, hukum,administrasi karyawan dan konsep umum mengenai keuntungankemampuan mengubah kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan proyek



Posttest: Organisasi_Peng.Proyek Sistem Informasi


Tuliskan tugas/tanggung jawab Project Manager, Project Leader dan Programmer pada organisasi/ tim proyek Sistem Informasi.
Jawab:
 Tanggung Jawab Manager Proyek:
  • Tanggungjawab utama seorang MP adalah menyerahkan hasil akhir proyek dalam kriteria waktu, biaya dan performansi yang telah ditetapkan, termasuk profit yang ditargetkan.
  • Tanggungjawab yang lain sangat bergantung pada ukuran proyek, kemampuan MP, asal proyek, dan tugas-tugas yang didelegasikan oleh pihak manajemen yang diatasnya.
Tanggung Jawab Project Leader:
  • Pimpinan Proyek adalah posisi kedua yang harus diisi. Sangatlah baik jika PM memilih orang ini. Pertama, PM harus bernegosiasi dengan Manajer Fungsional untuk tugas-tugas PL, kemudian yakinkan PL untuk bergabung dalam tim. PL terdaftar pada proposal karena banyak detail proposal dikerjakan oleh PL. Pekerjaan ini sangat bersifat teknis, karenanya pilihlah ahli yang terbaik. Jangan mencari orang yang tidak mempunyai pendirian. 
  • Lebih baik mencari orang yang dapat mengingat pembuatan detail keseluruhan proyek tersebut. PL juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. PL akan memimpin keseluruhan wawancara dengan user dan menjadi pengawas harian bagi programmer.

 Tanggung jawab Programmer:


  • Melakukan koordinasi dengan System Analyst dan Database Administrator 
  • Melakukan pekerjaan “scripting” berdasarkan modul-modul yang telah di design oleh system analyst. 
  • Melakukan debugging terhadap modul-modul yang telah dibuat.
  •  Melakukan proses testing permodul. 
  • Melakukan proses testing secara kesuluruhan. 
  • Membuat dokumentasi program.

Pretest: Organisasi_Peng.Proyek Sistem Informasi

Proyek yang berhasil sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat di dalam organisasi proyek tersebut.
Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih orang-orang tersebut?
Jawab:


    • mempunyai fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang tinggi
    • mempunyai kemampuan memimpin dan punya inisiatif
    • percaya diri, bisa meyakinkan orang lain
    • punya disiplin
    • seorang generalis
    • bisa menemukan masalah sekaligus membuat keputusan
    • mampu menyeimbangkan antara masalah teknis dengan waktu, biaya dan faktor manusia
    • pemahaman mengenai organisasi dan masalah bisnis itu sendiri
    • pemahaman mengenai manajemen secara umum yang meliputi: pemasaran, pengendalian, pembelian, hukum,
    • administrasi karyawan dan konsep umum mengenai keuntungan
    • kemampuan mengubah kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan proyek
    • punya kemauan kuat dan aktif untuk mengajari, melatih dan mengembangkan kemampuan bawahan