1. Time And Coordinaton
Time and Coordination adalah mengkordinasikan waktu dalam transfer data,
agar tidak terjadi ketimpangan pada proses transfer data. Selain itu
juga, berguna untuk mengukur penundaan antara komponen terdistribusi,
menyinkronkan aliran data misalnya: suara dan video, dan sebagai penanda
keakuratan waktu untuk mengidentifikasi atau mengotentikasi transaksi
bisnis dan serializability dalam database terdistribusi dan keamanan protocol.
1.1 Time
Time adalah pengembangan dari sistem multiprogram.Beberapa
job yang berada pada memory utama dieksekusi oleh CPU secara bergantian.CPU
hanya bisa menjalankan program yang berada pada memory utama. Perpindahanantar
job terjadi sangat sering sehingga user dapat berinteraksi dengan setiap
programpada saat dijalankan. Suatu job akan dipindahkan dari memori ke disk dan
sebaliknya.
Time juga disebut dengan sistem komputasi interaktif,
dimanasistem komputer menyediakan komunikasi on-line antara user dengan sistem.
Usermemberikan instruksi pada sistem operasi atau program secara langsung dan
menerimarespon segera. Perangkat input berupa keyboard dan perangkat output
berupa displayscreen, seperti cathode-ray tube (CRT) atau monitor. Bila sistem
operasi selesaimengeksekusi satu perintah, makan sistem akan mencari pernyataan
berikutnya dariuser melalui keyboard. Sistem menyediakan editor interaktif
untuk menulis programdan sistem debug untuk membantu melakukan debugging
program.
1.2 Coordination
Coordnaion Sekumpulan algoritma yang tujuannya
bermacam-macam namun men-share tujuannya, sebagai dasar dalam sistem
terdistribusi : berupa sekumpulan proses untuk mengkoordinasikan tindakan atau
menyetujui satu atau beberapa nilai. Contohnya pada kasus mesin seperti pesawat
ruang angkasa. Hal itu perlu dilakukan, komputer mengendalikannya agar setuju
pada kondisi tertentu seperti apakah misi dari pesawat luar angkasa dilanjutkan
atau telah selesai.
Komputer tersebut harus mengkoordinasikan tindakannya
secara tepat untuk berbagi hal yang penting dalam Coordination and Agreement
adalah apakah system terdistribusi asinkron atau sinkron. Algoritma –algoritma
yang digunakan juga harus mempertimbangkan kegagalan yang terjadi, dan
bagaimana caranya untuk berhubungan satu sama lain ketika sedang mendesaian
algoritma. Selanjutnya di makalah ini juga akan dijelaskan mengenai masalah
dalam mendistribusikan mutual exclusion, election, multicast communication, dan
mengenai masalah dalam persetujuan(agreement).
1.3 Contoh Time And Coordination Protokol Waktu Jaringan (Network Time Protocol)
Metode Cristian dan algoritma Berkeley pada dasarnya
digunakan untuk komunikasi intranet. Protokol Waktu Jaringan (NTP)
mendefinisikan arsitektur untuk pelayanan waktu dan protocol untuk distribusi
informasi waktu lewat internet.
Tujuan dan fitur NTP, antara lain:
• To provide a
service enabling clients across the Internet to be synchronized accurately to
UTC: NTP menyediakan layanan agar klien di internet dapat bersinkronisasi
dengan UTC.
• To provide a reliable service that
can survive lengthy losses of connectivity: NTP
menyediakan layanan yang bisa bertahan di jaringan mengalami loss karena jarak.
• To enable clients to resynchronize
sufficiently frequently to offset the rates of drift found in most computers: NTP memungkinkan klien untuk
sinkronisasi ulang secara berkala.
• To provide protection against
interference with the time service, whether malicious or accidental: NTP menyediakan perlindungan
terhadap interferensi dari layanan waktu, baik galat maupun ketidaksengajaan.
Gambar 1 Contoh sinkronisasi subnet
di NTP
Layanan NTP tersebar pada banyak server di internet. Server
utama tersambung langsung ke sumber waktu, seperti penerima sinyal radio UTC.
Server sekunder disinkronisasi dengan server primer. Server-servernya tersambung
dalam hierarkikal logika yang disebut synchronization
subnet seperti Gambar 3.
Semakin atas levelnya akan semakin akurat clock-nya.
Galat terjadi setiap melewati satu level.
Server-server NTP bersinkronasi satu sama lain dengan tiga
cara, antara lain multicast,
procedure-call, dan symmetric.
1. Multicast
Multicast ditujukan
untuk LAN berkecepatan tinggi. Satu atau lebih server secara periodik menyebar
waktu clock ke server di komputer lain yang
tersambung di LAN. Mode ini akurasinya rendah tetapi cocok untuk berbagai
kepentingan.
2. Procedure-call
Procedure-call hamper sama
dengan algoritma Cristian. Server menerima request dari komputer lain dan
membalasnya dengan pembacaan clock saat pengiriman. Mode ini cocok ketika
keakurasian tinggi dibutuhkan atau ketika multicast tidak dappat dilakukan.
3. Symmetric
Mode symmetric ditujukan untuk server yang mensuplai
waktu dalam LAN atau pada level tertinggi dari sebuah synchronization subnet.
Gambar 2. Message Exchange between
a pair NTP peers
Pada mode procedure-call dan symmetric mode, memroses pertukaran
bagian-bagian pesan. Tiap pesan memiliki catatan waktu dari peristiwa yang baru
saja terjadi, yaitu waktu local ketika pesan tersebut dikirimkan. Seperti pada
Gambar 3, pesan m menyimpan catatan waktu setiap akan
ditransmisikan, yaitu Ti-3 dan Ti-1, dan ketika
diterima, yaitu Ti-2 dan Ti. Kemudian NTP
menghitung jeda waktu antara dua clock komputer.
2.
Share Data
2.1. Konsep dan operasi Shared Data antara server dan client
Dalam sistem terdistribusi, beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di komputerA.
2.1. Konsep dan operasi Shared Data antara server dan client
Dalam sistem terdistribusi, beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di komputerA.
- Konsep Sharing Client – Server
Client
Ø User akan membuat permintaan melalui software client. Aplikasi ini berfungsi :
Ø Memberikan interface bagi user untuk melakukan jobs.
Ø Format request data ke bentuk yang dapat dimengerti oleh server
Ø Menampilkan hasil yang diminta pada layar
- Server
Untuk itu, server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang jauh lebih baik dan bertenaga dibandingkan hardware untuk client karena komputer harus mampu melayani :
Ø Request secara simultan dalam jumlah besar
Ø Aktivitas manajemen jaringan
Ø Menjamin keamanan pada resource jaringan
2.2 Proses Layanan pada Saat Terjadi Crash atau Fault Tolerance & Data Transaction dan Urutan Operasi yang Dijalani Oleh Server
Sebuah kecelakaan (atau sistem crash) dalam komputasi adalah suatu kondisi di mana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari sistem operasi, berhenti berfungsi dengan baik, sering keluar setelah menghadapi kesalahan. Seringkali program menyinggung mungkin muncul untuk membekukan atau hang sampai layanan pelaporan kecelakaan dokumen rincian kecelakaan itu. Jika program adalah bagian penting dari kernel sistem operasi, seluruh komputer dapat kecelakaan. Hal ini berbeda dari hang atau membekukan dimana aplikasi atau OS terus berjalan tanpa respon jelas untuk masukan.
Banyak crash adalah hasil dari eksekusi instruksi mesin tunggal, tetapi penyebab ini berlipat ganda. Penyebab khas adalah ketika program counter diatur ke alamat yang salah atau buffer overflow menimpa sebagian kode program karena bug sebelumnya. Dalam kedua kasus, itu cukup umum untuk prosesor untuk mencoba untuk mengeksekusi data atau nilai memori acak. Karena semua nilai data adalah mungkin tetapi hanya beberapa nilai instruksi valid, ini sering mengakibatkan pengecualian instruksi ilegal.
2.3. Konsep Dasar Replication
Replikasi adalah suatu teknik untuk melakukan copy dan pendistribusian data dan objek-objek database dari satu database ke database lain dan melaksanakan sinkronisasi antara database sehingga konsistensi data dapat terjamin. Dengan menggunakan teknik replikasi ini, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda melalui koneksi jaringan lokal maupun internet. Replikasi juga memungkinkan untuk mendukung kinerja aplikasi, penyebaran data fisik sesuai dengan penggunaannya, seperti pemrosesan transaksi online dan DSS (Desiscion Support System) atau pemrosessan database terdistribusi melalui beberapa server.
Replikasi adalah proses menyalin dan memelihara objek database dalam beberapa database yang membentuk suatu sistem database terdistribusi. Replikasi dapat meningkatkan kinerja dan melindungi ketersediaan aplikasi karena data pilihan alternatif akses ada. Sebagai contoh, sebuah aplikasi biasanya dapat mengakses database lokal daripada server jauh untuk meminimalkan lalu lintas jaringan dan mencapai kinerja maksimum. Selanjutnya, aplikasi dapat terus berfungsi jika server lokal mengalami kegagalan, tetapi server lain dengan data direplikasi tetap dapat diakses.
Refresing:
0 komentar:
Posting Komentar