Minggu, 27 Februari 2011

A.Kiat Belajar di Perguruan Tinggi

Cara belajar di pergururuan tinggi sangatlah berbeda dengan cara belajar sewaktu sekolah menengah atas. Cara belajar di perguruan tinggi lebih padat waktunya dan setiap ganti semester kita selalu bertumu dengan mata kuliah yang berbeda. Memang kelihatannya anak kuliah itu terlihat lebih santai belajarnya, hanya membawa buku File atau binder, atau hanya membawa Leptop dan tas kecil tapi sebenarnya tidak mahasiswa itu selalu di tuntut harus lebih kreatif dan aktif dalam segala hal, setiap hari ada saja tugas yang di kasih oleh dosen. Semua itu demi kesuksessan kita setelah selesai kuliah kelak. Maka dari itu mulai sekarang ubahlah cara belajar diwaktu SMA, seperti :
  1. Mulailah belajar di bangku kuliah dengan penuh semangat dan minat kuliah yang tinggi
  2. Terimalah apapun keputusan yang telah dibuat seperti jurusan yang diambil dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan konsekuensi yang harus mereka hadapi.
  3. Tetapkan standar nilai yang akan diraih dan usaha-usaha untuk mencapainya.
  4. Konsisten dengan rencana balajar yang telah di susun, mengikuti aktivitas pembelajaran dengan serius dan bertanggungjawab.
  5. Kuatkan aspek psikis untuk menghadapi permasalahan yang timbul dalam lingkungan belajar maupun tempat tinggal dan bergaullah dengan orang-orang yang mempunyai kualitas kepribadian yang bagus.
  6. Kuatkan aspek fisik yaitu dengan rutin berolahraga atau mengikuti unit-unit kegiatan kemahasiswaan. Selain mengembangkan kompetensi sosial juga melatih fisik supaya mampu mengikuti irama aktifitas perkuliahan yang super sibuk.
  7. Mengikuti kajian-kajian keagamaan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan penyegaran bagi  aspek kejiwaan.
  8. Komunikasi yang lancar dengan keluarga akan memberikan motivasi dan semangat untuk segera menyelesaikan kuliah dan dengan prestasi yang memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar