Kamis, 10 Juli 2014

Posttest: Susunan Staff_PPSI

Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek.
Jawab:


  • Project Manager
    • Melakukan koordinasi kedalam (team proyek, manajemen, dll) dan keluar
    • Dibantu semua koordinator menyiapkan rencana kerja operasi proyek, meliputi aspek teknis, waktu, administrasi dan keuangan proyek
    • Melaksanakan dan mengontrol operasional proyek sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana (on track)
    • Mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara dini.
    • Mengkomunikasikan dalam bentuk lisan dan tertulis (Laporan Kemajuan Pekerjaan).

  • Quality Control + Tenaga Administrasi
    • Memastikan operasional proyek berjalan dengan menggunakan standar yang sudah baku, serta diakui secara nasional maupun internasional.
    • Memberikan saran dan masukan teknis dan non teknis tentang proses operasional proyek.
    • Mengontrol proses operasional proyek agar berjalan sesuai degnan aturan dan tidak melanggar rambu-rambu yang sudah disepakati.
    • Menyiapkan / men-support dokumen administrasi dan pendukung berupa : Berita Acara layak pakai, Berita Acara Penerimaan Barang, Surat Pengiriman Barang / DO, Berita Acara Installasi, Invoice/tagihan, dll) yang menyangkut operasional proyek selama pekerjaan berjalan.
    • Melakukan monitoring terhadap kemajuan proyek.
    • Melakukan proses penagihan.
    • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
    • Membantu Proyek Manager dan para Koordinator dalam menyiapkan perangkat monitoring pekerjaan, pelaporan, Berita Acara dan lain lain.
  • Ahli Sistem Informasi
    • Melakukan proses Analisa Terhadap Kondisi System yang sdang dan telah berjalan.
    • Melakukan analisa terhadap prosedur-prosedur yang berlaku dalam sebuah system life cycle
    • Melakukan proses identifikasi terhadap kebutuhan user (user requirements)
    • Melakukan Proses Design untuk membentuk suatu Sistem yang baru
    • Berkoordinasi dengan ahli database dalam merancang Database.
    • Membuat laporan Analisa dan rancang bangun system.
    • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
  • Ahli Jaringan Komputer
    • Melakukan proses identifikasi terhadap kondisi eksisting jaringan.
    • Membuat design infrastruktur jaringan.
    • Membuat dokumentasi infrastruktur jaringan.
    • Membuat design rules untuk setiap user yang tergabung dalam network.
    • Memastikan setting yang benar terhadap switch, wireless, workstation, server, dll. 
  • Ahli Management Database
    • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses analisa terhadap kondisi existing dari system yang sedang / telah berjalan.
    • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses design database.
    • Melakukan perhitungan terhadap jumlah table space, congestion, dll dari database yang di rancang.
    • Menyiapkan proses backup dan recovey database.
    • Melakukan installasi database pada server yang telah disediakan.
    • Membuat dokumentasi database design.
    • Melakukan pemetaan terhadap distribusi database pada infrastruktur jaringan komunikasi data.
  • Ahli Sistem Keamanan Jaringan Komputer
    • Melakukan proses design jaringan.
    • Membuat rancang bangun system keamanan jaringan.
    • Memastikan bahwa jaringan yang dikembangkan aman dari serangan para hacker, virus, worm, dll. 
  • Konsultan IT
    • Melakukan koordinasi dengan semua komponen yang terlibat dalam pekerjaan.
    • Memastikan pekerjaan dilaksanakan ontime dan ontrack
    • Memberikan masukan teknis untuk memperlancar pekerjaan
  • Programmer
    • Melakukan koordinasi dengan System Analyst dan Database Administrator
    • Melakukan pekerjaan “scripting” berdasarkan modul-modul yang telah di design oleh system analyst.
    • Melakukan debugging terhadap modul-modul yang telah dibuat.
    • Melakukan proses testing permodul.
    • Melakukan proses testing secara kesuluruhan.
    • Membuat dokumentasi program
  • IT Auditor
    • Merencanakan Audit
    • Mengidentifikasikan resiko dan kendali
    • Mengevaluasi kendali dan mengumpulkan bukti-bukti
    • Mendokumentasikan temuan-temuan dan mendiskusikan dengan auditee
    • Membuat laporan akhir dan Mempresentasikan hasil-hasil yang diperoleh
 

0 komentar:

Posting Komentar