Rabu, 29 Oktober 2014

MASALAH SOSIAL YANG TERJADI DI MASYARAKAT BESERTA SOLUSINYA

Meningkatnya Jumlah Kemiskinan

Penduduk miskin adalah penduduk yang tidak mempunyai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk kehidupan yang layak, baik kebutuhan dasar makanan maupun bukan makanan. Ini merupakan suatu masalah sosial yang berangsur-angsur hingga sekarang dan pemerintah pun belum dapat memberikan solusi untuk menanggulangi kemiskinan yang menimpa bangsa Indonesia ini.
Sejak krisis, angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi. Berdasar data Badan Pusat Statistik Nasional Indonesia (BPS) bahwa 17,7 persen atau 39 juta penduduk indonesia tergolong kategori penduduk miskin.
Pengangguran sebanyak 10,4 persen. Di antara 100 juta angkatan kerja menganggur. Indonesia termasuk salah satu negara termiskin di dunia yang masuk pada urutan ke-68.

Solusi

Untuk mengurangi masalah kemiskinan ini seharusnya pemerintah lebih memperhatikan pendidikan yang ada dinegara ini, memperbayak sekolah negeri gratis tidak hanya di perkotaan melainkan di pedalaman pedesaan, sehingga rakyat pedalaman memiliki ilmu pendidikan sehingga mereka dapat bekerja dengan layak. Masalah ke dua adalah kurangnya lapangan kerja jika rakyat Indonesia memiliki pendidikan yang cukup maka meraka akan bekerja diperkantoran, pabrik, perusahaa, dan alain-lain. Tapi bagaimana meraka akan bekerja jika lapangan kerja tidak memadai dengan meledaknya para sarjana dan pesaing lulusan dari luar negeri, Maka dari itu Pendidikan dan Lapangan kerja lah yang harus di perluas oleh pemerintah Indonesia sehingga negara ini dapat bersaing dengan negara berkembang bahkan negara maju lainnya.

Refrensi:
http://caramengatasimasalahh.blogspot.com/2013/12/masalah-sosial-di-indonesia-terbaru-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar