Jumat, 25 April 2014

Pidato Pemanasan Global

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera, dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa yang mengumpulkan kita semua di tempat ini. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat saya yang bertemakan “Pemanasan Global”.
Kita semua tentu pernah mendengar kata pemanasan global  atau global warming yang sudah tidak asing lagi dibahas diberbagai media. Pemanasan Global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Seperti yang kita ketahui suhu bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18˚C ( 1.33 ± 0.32˚F ).
Pemanasan Global disebabkan oleh beberapa hal antara lain efek rumah kaca dan efek umpan balik. Efek rumah kaca terjadi karena gas-gas rumah kaca yang berupa uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana. Selain itu pemamasan Global juga disebabkan oleh efek umpan balik yang disebabkan bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO₂, umpan balik yang penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh es, ketika suhu meningkat es yang berada di dekat kutub akan mencair, hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan semakin banyak es yang mencair sehingga menjadi suatu siklus yang berkelanjutan. Setelah kita mengetahui penyebab dari terjadinya Pemansan Global hendaknya kita juga mengetahui dampak yang diakibatkan dari terjadinya Pemanasan Global. Dampak yang diakibatkan dari terjadinya Pemanasan Global yaitu iklim mulai tidak stabil, peningkatan permukaan air laut, suhu cenderung meningkat, dan gangguan ekologis. Sedikit membahasan tentang gangguan ekologis, dalam hal ini hewan akan cenderung untuk berimigrasi ke arah kutub atau pegunungan dan tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, ini disebabkan karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat, akan tetapi pembangunan manusia menghalangi perpindahan ini, dan spesies yang terhalang berimigrasi mungkin akan mati.
Setelah kita mengetahui penyebab dan dampak terjadinya Pemanasan Global, kita jadi mengetahui berbahayanya Pemanasan Global bagi semua makhluk di bumi. Mungkin kita tidak bisa menghentikannya secara langsung tetapi ada beberapa cara untuk memperlambat terjadinya Pemanasan Global antara lain yang pertama dengan mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut di tempat lain yang disebut Carbon Sequestration, kedua mengurangi karbon dioksida dengan cara yang paling mudah yaitu dengan menanam pohon karena pohon dapat menyerap karbon dioksida dan memecahnya melalui fotosintesis, ketiga gas rumah kaca dapat di hilangkan dengan cara menyuntikkan gas tersebut ke sumur-sumur minyak untuk mendorong agar minyak bumi keluar kepermukaan, keempat dengan cara mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan yang terakhir adalah mengurangi pemakaian barang-barang elektronik yang mengeluarkan gas CFC ( Chloro Fluoro Carbons ) seperti AC dan kulkas karena gas ini meningkatkan kadar penipisan ozon.
Mungkin cukup yang dapat saya sampaikan lebih dan kurangnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan selebihnya datang dari Allah. Saya hanya berharap setelah mendengar pidato saya, anda sekalian lebih menjaga bumi tempat kita tinggal agar tetap nyaman dan aman, yang dapat kita mulai dari hal-hal sederhana yang berada di sekiar anda.
Sekian dari saya.
Wassalamualaikum wr.wb




0 komentar:

Posting Komentar